Jumat, 23 Februari 2018

Wifi Lemot? Perkuat Sinyalnya dengan Cara Ini


Wifi Lemot? Perkuat Sinyalnya dengan Cara Ini

Memang menyebalkan jika sudah pasang wifiunlimited di rumah, ternyata koneksinya lamban. Aktivitas internetan pun jadi tertunda dan lama selesainya.

Untuk itu, Anda perlu memperkuat sinyal penerimaan wifi di rumah supaya tidak lamban lagi. Seperti apa caranya? Yuk, simak ulasan berikut ini.

Reboot atau restart

Sama seperti alat elektronik lain, router bisa saja mengalami masalah ketika dipakai dalam waktu yang lama. Untuk menghindari masalah tersebut, lakukan reboot atau restart secara rutin supaya kondisi router tersebut siap digunakan kembali.

Menggunakan wifi repeater

Repeater adalah alat yang digunakan untuk menerima sinyal wifi, kemudian memancarkan kembali sinyal tersebut dengan lebih kuat. Alat ini cocok untuk Anda yang memiliki penerimaan sinyal wifi yang buruk.

Menggunakan channel yang kosong

Jika di daerah Anda terdapat banyak orang yang menggunakan router wifi, maka mungkin saja Anda berada pada channel yang sama dengan router tersebut. Akibatnya apa? Akibatnya kualitas sinyal yang Anda terima menurun. Maka, pilihlah channel wifi yang kosong atau memiliki pengguna yang sedikit supaya tidak terjadi gangguan sinyal.

Mencari posisi yang tepat

Sinyal wifi memang tidak dapat terlihat oleh mata manusia. Namun sinyal ini bisa terhalang jika terdapat banyak tembok di sekitar routernya. Jadi supaya lebih kencang, carilah posisi bebas dari penghalang.

Mengontrol bandwidth

Jika Anda tidak sendiri ketika menggunakan wifi, tentu akan lambat saat browsingnya. Aturlah penggunaan bandwidth agar tidak terjadi kebocoran pada koneksi Anda.

Menjauhi perangkat lain

Ternyata tidak hanya router lain yang bisa mengganggu kualitas sinyal, namun juga adanya beberapa perangkat elektronik lain. Misalnya saja seperti microwave. 

Nah, untuk mengatasi hal ini, sebaiknya jauhkan berbagai perangkat elektronik tersebut dari router. 

Gunakan juga router dual band supaya bisa memindahkan frekuensinya dengan mudah.

Memperbaiki sistem keamanan

Paket internet yang cepat bisa jadi koneksinya tetap lambat. Mungkin saja saat itu ada orang lain yang juga menggunakan koneksi wifi Anda. Nah, untuk mencegahnya, gunakanlah password yang cukup rumit dengan enkripsi WPA2.


0 komentar:

Posting Komentar