Rabu, 20 Desember 2017

Resep Es Buah Santan Yang Enak Dan Mudah Membuatnya

Keluarga saya paling suka minum es buah santan saat cuaca panas. Minuman dengan es memang sangat cocok dinikmati saat udara sedang panas atau lelah setelah beraktifitas. 

Es buah santan merupakan salah satu jenis es yang sering mereka minta saat dalam keadaan panas atau lelah. Es buah santan juga cocok dihidangkan saat ada acara keluarga maupun kumpul-kumpul dengan teman. 

Didampingi dengan kudapan ringan, es ini bisa menjadi menu andalan yang membuat acara kumpul-kumpul anda menjadi lebih seru. 

Kelezatan es buah santan terletap pada perpaduan rasa gurih dan lembutnya santan, diimbangi  dengan rasa segar dari buah-buahan yang anda sukai. Jenis buah yang digunakan pun dapat anda sesuaikan dengan buah-buah yang menjadi kesukaan anda. 

Kalau saya, biasanya melon dan kelengkeng menjadi buah yang wajib ada. Anda tentu bisa menggunakan buah naga atau strawberry jika anda ingin. Estimasi memasak es buah santan juga tidak terlalu lama. Mungkin hanya berkisar anatar 15-30 menit saja. 

Jika anda memiliki ide untuk membuat es buah santan untuk hidangan dalam acara keluarga anda, berikut ini saya tuliskan resep yang bisa anda praktekkan. Selamat mencoba.



Minuman dingin bersantan, sangat cocok untuk kreasi di siang hari.

Bahan dan Cara Membuat Es Buah Santan

Oh ya, ada satu rahasia dalam kenikmatan es buah santan. Yaitu terletak pada santan yang digunakan. Baiknya kamu menggunakan santan yang langsung kamu peras sendiri. Atau kamu bisa juga gunakan Sasa Santan Kelapa, soalnya ia memiliki kualitas yang sama dengan santan yang langsung diperas. 

Aroma dan rasanya sesegar kelapa yang langsung diperas, padahal ia hanya dikemas dengan teknologi modern, sudah matang dan siap pakai tanpa pengawet. Tapi sangat cocok untuk semua masakan, makanan dan minuman. 

Bahan Utama Es Buah Santan:
50 gr sagu mutiara yang sudah direbus dan ditiriskan
100 gr buah kelengkeng yang dibelah menjadi dua
100 gr buah nangka yang diiris memanjang
150 gr kolang-kaling yang dibelah menjadi dua bagian
200 gr buah alpukat, dipotong menjadi dadu atau kotak-kotak memanjang
200 gr buah melon yang dipotong dadu atau bulat
200 gr buah pepaya yang dipotong dadu atau bulat
1 kaleng buah rambutan kaleng siap saji, belah buahnya menjadi dua bagian (anda juga bisa memakai buah rambutan dari pohon)
2 bungkus sasa santan kelapa

Bahan Pelengkap Es Buah Santan
2 atau 3 helai daun pandan
3 sendok makan sirup coco pandan
500 gr es serut
garam secukupnya

Cara membuat Es Buah Santan
1. Siapkan semua bahan yang dibutuhkan
2. Masak Sasa Santan Kelapa dengan api kecil. Tambahkan daun pandan dan garam secukupnya. Ingat, masak santan dengan api kecil dan usahakan tetap diaduk agar santan tidak pecah.
3. Setelah santan mendidih, kentalkan santan dengan menambahkan larutan maizena. Aduk hingga santan meletup-letup, kemudian dinginkan.
4. Siapkan wadah saji untuk es buah santan. Bisa gelas atau mangkuk.
5. Tata buah-buahan yang sudah disiapkan. Usahakan porsi sagu mutiara, alpukat, pepaya, kolang-kaling, melon, nangka, rambutan, dan kelengkeng proporsional dalam wadah.
6. Tambahkan es serut dan sirup coco pandan (boleh memakai sirup rasa lain yang anda sukai) secukupnya. Setelah itu, siramkan saus santan kental yang sudah dibuat tadi. 
7. Tambahkan susu kental manis secukupnya.
8. Es buah santan siap untuk dihidangkan dan dinikmati.

Dengan begini, meja makan kamu tak perlu lagi kosong. Atau kamu bisa juga ngobrol sambil menyantap es buah santan yang nikmat berkat hadirnya Sasa Santan, Aslinya Santan yang begitu praktis. 

Jadi, untuk setiap memasak yang bersantan, gunakan selalu sasa santan ya. Agar lebih mudah dan praktis 

0 komentar:

Posting Komentar