Rabu, 08 November 2017

Tips Solo Traveling Aman dan Menyenangkan

Tips Solo Traveling Aman dan Menyenangkan

Traveling menemukan tempat baru, orang baru dan suasana baru selalu menjadi hal yang menyenangkan. Banyak orang yang ingin mencoba untuk solo traveling. 

Seperti ada tantangan dan kepuasan sendiri. Berjalan sendiri di tempat yang belum diketahui sama sekali. 

Banyak orang yang takut untuk solo traveling sendiri, padahal kalau mengikuti day tripper yang ada pasti akan menjadi perjalanan yang menyenangkan. 

Apalagi ada banyak kota yang memang aman untuk solo traveling sendiri. Tentunya ketika liburan sendiri persiapan yang dibutuhkan berbeda dengan liburan bersama rombongan. 

Apalagi anda mengunjungi tempat yang belum anda kunjungi sama sekali. Berikut ini solo traveling aman dan menyenangkan yang harus anda lakukan.

Persiapan Sebelum Berangkat
Sebelum berangkat, lakukan persiapan sebaik mungkin. Terutama masalah identitas. Jangan sampai ada satu pun identitas yang tertinggal. Apalagi anda datang ke negara yang masalah dokumen pribadi penting. Siapkan KTP, pasport, kartu asuransi dan Sim. 

Jangan lupa untuk foto semua dokumen tersebut. Lalu simpan ke email, dropbox atau tempat lain. Sebagai antisipasi kalau ponsel anda juga hilang. 

Jangan lupa untuk memberi tahu tujuan anda pergi ke keluarga, sahabat atau teman terdekat. Jelaskan sedetail mungkin. Sebelum berangkat, lakukan riset sebanyak mungkin. 

Seperti apa keadaan kota yang anda tuju. Cuaca disana, transportasi, makanan, berita terkini di negara tersebut dan lainnya. 

Pastikan anda sudah paham tentang semua keadaan disana, banyak sekali blogger yang sering menceritakan berbagai hal di sebuah negara. 

Dimana tempat yang enak untuk makan, menginap, tempat wisata yang ingin dikunjungi dan lainnya. 

Yang paling penting, siapkan pakaian sesuai keadaan disana. Tak perlu pakaian yang terlalu mencolok. Cukup baju yang nyaman dan tidak mengundang kejahatan.

Hal Yang Dilakukan Ketika Sampai Di Tujuan
Para day tripper yang suka solo traveling, jangan lupa untuk lakukan semua hal ini ketika sampai di tempat tujuan. Cobalah untuk mengenali respsionis atau keamanan tempat anda menginap. Tanyakan tempat mana yang aman untuk dikunjungi. 

Kalau ada area yang berbahaya dan banyak penipuan, coba tanyakan secara detail. Misalnya di paris, terkadang banyak sekali pencopet di tempat wisata. Pencopet disana tentunya berbeda dengan di indonesia. 

Malah terkadang tidak seperti seorang pencopet. Selalu ingat nama dan alamat penginapan anda. Kalau tersesat bisa menanyakan ke warga setempat. 

Selalu berjalanlah dengan yakin. Kalau tersesat jangan langsung panik. Nikmati saja, coba buka gps dan cari tempat tujuan anda. Kalau perlu bawalah peta atau buku panduan tentang negara tersebut. 

Selalu cek peta, jadwal bus, jalur mrt dan lainnya. Pada saat naik kendaraan umum, selalu jaga barang bawaan anda dengan baik. Selalu waspada, jangan beri tahu orang asing kalau anda disana sendiri.

Selalu berani untuk bilang tidak, jangan mudah percaya dengan orang lain. Jaga semua uang anda dengan baik. Lebih baik bawa uang secukupnya, lalu yang lainnya di simpan di tempat lain. 

Dokumen juga disimpan sebaik mungkin. Jangan di letakkan di satu tempat. Jadi kalau hilang, tidak hilang semuanya. Catat semua nomor penting di negara tersebut. 

Buat rencana liburan yang tepat atau anda bisa menjelajah kemanapun tapi harus tetap waspada dan ingat waktu. Para day tripper wanita tak perlu takut lagi untuk solo traveling. Asalkan melakukan semua tips diatas. Selamat liburan. 

0 komentar:

Posting Komentar