Rabu, 04 Januari 2017

Motivasi Anak agar Semakin Rajin Belajar


Sepertinya akan menjadi persaingan yang penuh tantangan pada tahun 2017. Anak-anak akan menghadapi berbagai persoalan sulit yang harus mereka taklukkan.

Oleh sebab itu, orangtua harus memotivasi anak agar tidak mudah menyerah dalam belajar berbagai hal baru. 

Memaksa anak melakukan hal yang tidak mereka suka tak akan menghasilkan apa-apa. Anak butuh dimotivasi untuk melawati masa sulit. 

Maka, inilah cara memotivasi anak belajar banyak hal pada 2017 seperti dilansir Parents, Kamis (5/1/2017). 

Pertimbangakan memberi imbalan 
Psikolog sekaligus penasihat di Parents, Eileen Kennedy-Moore, Ph.D., mengatakan, anak-anak memang akan cepat pintar ketika bekerja dengan sistem reward. 

Terlebih lagi dalam bidang akademis, tetapi efek positif dari imbalan hanya berumur pendek. Sebab ketika imbalan berhenti, maka usaha anak juga berhenti sampai di situ.

Kecuali, bila anak diberi imbalan atas sesuatu yang dia senangi. Misalnya, memberi peralatan lukis baru ketika juara lomba lukis, maka dia akan lebih semangat berekplorasi. 

Buat percakapan bermakna 
Berbincang dengan anak sangat penting untuk membangun motivasi pada dirinya. Menurut Dr Deci, Anak-anak secara alami ingin tahu tentang banyak hal. 

Jadi ajak bereka diskusi mengapa harus melakukan A, B,C, D, dan seterusnya untuk membantu nalar mereka memahami secara masuk akal. 

Memahami ketidaksempurnaan anak 
Psikolog Anak, Wendy Mogel, Ph.D., mengatakn, sangat menyedihkan ketika anak-anak usis 3-5 tahun tidak suka melakukan banyak aktivitas. 

Seharusnya anak usia tersebut rajin dan suka tantangan baru. Ketika anak tidak suka dilibatkan dalam pekerjaan rumah tangga seperti membereskan mainannya sendiri, maka orangtua harus mencari cara menarik agar anak tertarik melakukannya.

0 komentar:

Posting Komentar